Bikin Pupuk Organik Cair dari Urine Sapi

Bikin Pupuk Organik Cair Dari Urine Sapi – ┬áSalah satu produk POC yang digunakan oleh petani yang berbahan dasar dari urine sapi

MURATARA – Petani di Desa Lubuk Kemang Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Muratara, berinovasi menjadikan kotoran hewan sebagai cairan penyubur tanaman. Awal mula berinovasi membuat POC dari urine sapi beranjak dari mahalnya harga pupuk saat ini.

Muhammad Sopli, petani di Desa Lubuk Kemang Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Muratara, berinovasi menyulap kotoran hewan menjadi cairan penyubur tanaman.

“Ia mengaku awal mula berinovasi membuat POC dari urine sapi beranjak dari mahalnya harga pupuk saat ini, ia prihatin dengan para petani yang tergabung di kelompoknya tak sanggup lagi membeli pupuk,” Katanya

Baca Juga : 850 Wali Murid Antusias Ikuti Seminar Parenting

Kemudian Sopli mencari informasi dan belajar bagaimana memanfaatkan kotoran sapi untuk bisa dijadikan pupuk, lalu ia belajar dengan konsultan pertanian bernama Rusli yang juga Staf Khusus Bupati Muratara. Dari hasil belajar itulah ia manfaatkan untuk dirinya sendiri dan kelompoknya untuk tidak membeli pupuk lagi.

Kembali Sopli menambahkan “untuk saat ini baru urine sapi yang diolah menjadi pupuk, ke depannya mereka akan berinovasi lagi untuk mengolah kotoran sapi menjadi kompos,” (TIM)

Video Pupuk Organik