Membanggakan, 2 Pelajar MAN 1 Lubuklinggau Terpilih Paskibraka Provinsi Sumatera Selatan, Saipul: Tetaplah Rendah Hati dan Terus Berlatih

Kepala MAN 1 Model Lubuklinggau, Saipul Basin–

LUBUKLINGGAU– Dua orang pelajar MAN 1 Lubuklinggau, terpilih sebagai Pasikbraka Provinsi Sumatera Selatan.

Keduanya adalah, Reva Jenisyah dari Kelas X Fase E-6, kemudian Araja Halim Assyauqi Fase E-9, yang terpilih dalam pengumuman di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Senin Mei 2023 lalu.

Kepala MAN 1 Model Lubuklinggau, Saipul Basin mengucapkan rasa syukur dan bahagia karena anak-anak terpilih menjadi Paskibraka Provinsi Sumatera Selatan.

“Kami menghimbau kepada anak-anak tetaplah rendah hati, jaga kesehatan, terus berlatih, disilin, jujur, tanggung jawab, dan jangan lupa ibadah serta jaga selalu nama baik orangtua dan almater Mansadel Lubuklinggau,” hinbaunya.

“Semoga Mansadel jaya selalu dan selamat memperingati hari lahirnya Pancasila,”harapnya.

Sementara itu, Reva Jenisyah,  yang terpilih bersama rekannya, mengaku senang dan bersyukur. Padahal saat ujian ia merasa gugup pada setiap tahapan.

Namun, diakuinya ia berusaha untuk santai, agar bisa mengikuti ujian dengan baik. “Awalnya gugup, tapi berusaha santai,” jelasnya dikutip dari situs MAN 1 Lubuklinggau, Kamis 1 Juni 2023.

Dengan terpilih sebagai Paskibraka Sumsel ini, Reva berharap ia semakin disiplin, memiliki mental yang kuat, juga kuat secara fisik, namun terus memiliki rasa bersyukur.

Selain itu Reva menjelaskan, sebelum seleksi ia melakukan berbagai persiapan. Salah satunya berlatih setiap hari di Taman Olahraga Megang (TOM).

Panitia seleksi di Sumatera Selatan, juga dilakukan beberapa tes, dimulai dari tes kesehatan, psikotest, tes wawasan kebangsaan, tes intelijen umum, Peraturan Baris-Berbaris (PBB), Kesamaptaan yaitu, lari, pull up, push up, sit up, dan shuttle run, dan kepribadian.

Selain itu, ada hal-hal yang dinilai dari peserta Pasprov Sumsel yaitu, sikap peserta sehari hari, gaya bicara peserta, dan sopan santun peserta.

Berkaitan dengan terpilihnya dua pelajar MAN 1 Lubuklinggau ini sebagai Paskibraka Sumsel, Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe mengapresiasi.

Wali Kota juga merasa bangga, karena selain terpilih menjadi Paskibraka Sumsel, dari Lubuklinggau juga ada yang menjadi Paskibraka Nasional.

Apalagi sambungnya, Kota Lubuklinggau sudah lama tidak mengirimkan wakilnya di tingkat nasional, terakhir pada 2010.

“Alhamdulillah sekarang ada satu orang perwakilan kita di tingkat nasional serta dua orang perwakilan untuk tingkat provinsi,” ujarnya.

Wako juga mengucapkan selamat kepda ketiga siswa-siswi tersebut atas prestasi yang diraih. Hal tersebut juga membuktikan bahwa pemuda-pemudi Kota Lubuklinggau memiliki potensi yang hebat. (*)